Ingin Menjadi Reseller atau Dropshiper? Pahami Dulu Hal Ini


 

Istilah reseller dropship semakin populer seiring dengan maraknya platform jual beli online. Menurut Databoks, jumlah reseller yang ada di e-commerce pada tahun 2019 mencapai 15.97% dan bisa meningkat dari waktu ke waktu.

Ada yang belum tahu arti dari reseller dan dropship? Simak ulasan di bawah ini, ya!

 

Pengertian Reseller

Telinga Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah reseller. Apa sih reseller itu? Reseller adalah proses penjualan kembali suatu barang dari supplier dengan memperoleh komisi yang ditetapkan sendiri atau sudah ditentukan oleh supplier. Singkatnya, reseller adalah orang yang menjual kembali barang yang sudah dibeli.

Umumnya, reseller membeli barang ke supplier jika ada pesanan saja. Namun, ada beberapa yang sengaja membuat stok barang agar lebih cepat melayani konsumen ketika mereka membuat orderan. Meski begitu, jumlah barang yang dipunya reseller tidak terlalu banyak.

 

Pengertian Dropship

Selain istilah reseller, ada istilah lain yang juga terkenal yakni dropship. Secara singkat, dropship diartikan sebagai sistem jual beli perantara. Maksudnya, jika ada konsumen yang order barang ke dropshipper, si dropshipper ini akan meneruskan orderannya ke supplier. Supplierlah yang 

 

Cara Menjadi Reseller dan Dropshipper

Pekerjaan sampingan sebagai reseller dan dropshipper banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat, mulai dari pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga. Mereka ingin menghasilkan uang tambahan, tanpa harus meninggalkan prioritas utamanya. 

 

Nah, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya untuk menjadi reseller dan dropship. Yuk kita lanjut! 

 

Berminat Menjadi Reseller? Berikut Caranya

  • Tentukan dulu produk yang akan Anda jual. Pilih produk yang sedang populer dan banyak dicari orang, sehingga bisnis reseller Anda bisa terus berjalan.
  • Selanjutnya, carilah supplier yang kompeten dan berkualitas. Anda bisa menemukan banyak supplier yang open reseller, namun tidak semua punya kualitas yang bagus. Pilih supplier yang terpercaya agar sama-sama menguntungkan.
  • Ingat! Melakukan perhitungan secara matang adalah sebuah keharusan untuk Anda. Reseller juga harus memperhitungkan biaya-biaya yang masuk dan keluar agar tidak mengalami kerugian. 

Dan yang terakhir, Anda bisa membuat branding yang bagus untuk barang sendiri. Banyak kompetitor di dunia bisnis reseller ini. Namun, dengan memiliki branding yang bagus, toko Anda akan lebih dilirik oleh para konsumen. 

 

Ingin Jadi Dropshipper? Berikut Caranya

  • Sebagai seorang drosphipper, Anda harus menemukan produk yang tepat. Cari tahu produk yang sedang diminati banyak orang, sehingga Anda bisa meraup banyak keuntungan.
  • Yang menjadi dropshipper tidak sedikit jumlahnya, maka Anda harus bisa melihat dan mengamati pasar atau kompetisi agar tidak kalah saing.
  • Tak hanya reseller, seorang dropshipper juga harus memilih supplier yang tepat. Supplier yang tepat dan kompeten merupakan mitra bisnis terbaik bagi para dropshipper. 

Terakhir dan yang paling penting, berikan pelayanan yang terbaik pada konsumen. Sebagai seorang perantara dalam transaksi jual beli, Anda harus memberikan pelayanan sebaik mungkin pada konsumen agar mereka merasa puas.


EmoticonEmoticon