Mengenal IPOTFund Evaluator, Mencari Produk Reksadana dengan Performa Terbaik

IPOTFund Evaluator

IPOTFund Evaluator - Saat memulai untuk investasi reksadana, tentu setiap orang seringkali merasa kebingungan untuk memilih mana produk terbaik untuk menginvestasikan asetnya.

 

Apalagi, saat ini ada ratusan jenis produk reksadana dengan jenis, perusahaan dan potensi keuntungan yang berbeda. Jelas hal ini akan menimbulkan kebingungan khususnya bagi para pemula yang baru mulai berinvestasi di instrumen reksadana.

 

Tapi kini Anda tidak perlu khawatir, sebab telah hadir IPOTFund Evaluator yang ada pada aplikasi IPOT yang mampu membantu Anda untuk menganalisis berbagai produk Reksadana sebelum benar-benar membelinya.

 

Keunggulan IPOTFund Evaluator

 

Sejak awal, IPOTFund Evaluator hadir untuk menjadi fitur analisis reksadana secara mandiri dengan komponen penilaian yang sangat lengkap untuk menghindarkan investor dari kesalahan memilih produk.

 

Hal ini berbeda dengan aplikasi investasi lainnya yang ada di pasaran dimana mereka banyak yang hanya mengandalkan algoritma aplikasi untuk memberikan rekomendasi pada pengguna platform.

 

Padahal rekomendasi robo seperti itu, tidak bisa 100% dapat diandalkan karena belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Dalam rangka meminimalisir hal tersebut, IPOTFund Evaluator hadir untuk menciptakan analisis reksadana yang mendiri berdasarkan data-data faktual.

 

Jadi Anda bisa mendapatkan rekomendasi produk investasi yang benar-benar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

 

Cara Analisis Reksadana Menggunakan IPOTFund Evaluator

 

Jika Anda ingin mulai investasi reksadana, maka memilih produk yang tepat merupakan hal penting pertama yang perlu dilakukan.

 

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan IPOTFund Evaluator yang ada di dalam aplikasi IPOT untuk membantu Anda mengurutkan produk reksadana berdasarkan indikator-indikator tertentu.

 

Jadi Anda dapat menemukan produk reksadana yang tepat dan memberikan imbal hasil stabil dalam satu periode tertentu. Berikut adalah cara analisis reksadana dengan IPOTFund Evaluator, yaitu:

 

1. Masuk ke Menu IPOTFund

IPOTFund Evaluator

Supaya bisa mengakses Fund Evaluator, Anda perlu masuk ke halaman utama IPOTFund terlebih dahulu.

 

Caranya, klik ikon dengan logo daun bernama “Reksadana” pada bagian depan aplikasi IPOT dan pilih opsi “Evaluator” pada bagian kiri bawah layar tepatnya di menu Tools.

 

2. Mengenali Indikator yang Tersedia

IPOTFund Evaluator

Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam indikator penilaian produk reksadana. Beberapa indikator ini ialah:

 

  • NAV Perform: Perbandingan kinerja NAV berdasarkan periode tertentu
  • Sharpe: Membandingkan antara risiko dan imbal hasil dari suatu produk reksadana.
  • Drawdown: Mengetahui tingkat penurunan NAV terdalam pada periode waktu tertentu.

 

Anda dapat memilih salah satu indikator tersebut untuk langsung melihat di layar daftar reksadana yang memiliki performa terbaik.

 

3. Pilih Opsi Available Only

 

Pastikan untuk memilih opsi Available Only agar reksadana yang tampil di layar benar-benar produk yang sedang tersedia dalam aplikasi IPOT. Bukannya seluruh produk reksadana yang ada di Indonesia.

 

4. Sortir Reksadana Sesuai Kategorinya

IPOTFund Evaluator

Setelah memilih indikator penilaian reksadana, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis produknya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan, tujuan investasi maupun profil risikonya.

 

Beberapa kategori produk reksadana yang Anda pilih dengan klik salah satu opsinya pada bagian atas layar ini meliputi:

 

  • EQ: Equity Fund (reksadana Saham)
  • BL: Balanced Fund (Reksadana Campuran)
  • MM: Money Market Fund (Reksadana Pasar Uang)
  • FI: Fixed Income Fund (Reksadana Pendapatan Tetap)

 

5. Perhatikan Hasil Sortir Tiap Produk Reksadana

IPOTFund Evaluator

Pada tiap produk reksadana yang telah tersedia di dalam layar akan muncul “score” berupa angka di bagian paling kiri layar.

 

Layaknya ranking di kelas, semakin kecil score-nya maka semakin baik keseluruhan produk reksadana tersebut untuk dipertimbangkan.

 

Selanjutnya, Anda tinggal memilih mana produk reksadana mana yang sesuai dengan preferensi investasi.

 

Aplikasi Investasi Lengkap dan Terpercaya, IPOT Solusinya!

aplikasi IPOT

Bagaimana? Mudah kan mencari produk reksadana terbaik secara mandiri sesuai dengan kebutuhan menggunakan IPOTFund Evaluator?

 

Selain fitur hebat ini, Anda juga bisa merasakan manfaat dari aplikasi IPOT untuk membantu investasi menjadi lebih mudah. Sebab di IPOT, Anda bisa berinvestasi secara lengkap tidak hanya reksadana saja, namun juga saham dan ETF.

 

Bahkan, IPOT juga menawarkan fitur menarik lainnya mulai dari simulasi investasi hingga IPOT Buzz yang akan membantu Anda belajar saham dengan lebih mudah dan menyenangkan.

 

Baik fitur simulasi dan forum investasi terupdate dari IPOT Buzz ini sudah bisa Anda akses secara mudah tanpa perlu registrasi loh!

 

Jadi setiap orang berhak mendapatkan akses informasi dan belajar saham yang layak untuk meningkatkan kemampuannya. Jadi tunggu apa lagi? #PakeAjaDulu Aplikasi IPOT sekarang juga!


EmoticonEmoticon