Berbagai Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

berbagai jenis asuransi jiwa unit link

Asuransi unit link merupakan salah satu produk asuransi yang menggabungkan dua produk keuangan, yakni asuransi serta investasi. Biasanya, pembiayaan dari produk asuransi satu ini diambil dari kumpulan investasi yang dilakukan oleh pemegang polis.

Nah, terdapat beberapa asuransi unit link yang perlu diketahui berdasarkan situs Qoala dan Cermati, di antaranya:

Asuransi Unit Link Berdasarkan Pembayaran Premi

  • Unit Link Premi Tunggal

Produk asuransi yang mewajibkan nasabahnya membayar premi di muka secara sekaligus. Produk asuransi satu ini cocok untuk yang memiliki finansial yang sudah mapan karena setoran preminya dilakukan satu kali dengan jumlah yang besar.

  • Unit Link Premi Berkala

Berbeda dengan asuransi unit link premi tunggal, produk asuransi satu ini memperbolehkan nasabahnya membayar premi secara bertahap atau berkala, yakni setiap bulan, tiga bulan, ataupun tiap tahun. Produk asuransi ini cocok untuk nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan serta investasi tapi memiliki dana yang terbatas.

Asuransi Unit Link Berdasarkan Penempatan Dana

  • Unit Link Pasar Uang

Produk asuransi yang menempatkan seluruh dana investasi pada instrumen pasar uang, misalnya surat utang berjangka kurang setahun, deposito berjangka, dan lain sebagainya. Risiko unit link pasar uang ini dapat dikatakan cukup rendah, namun memberikan imbal hasil yang terbatas.

  • Unit Link Pendapatan Tetap

Produk asuransi yang menempatkan 80 persen dana investasi di instrumen obligasi atau surat utang dan sisanya di instrumen pasar uang. Produk asuransi satu ini memiliki nilai imbal hasil yang tinggi tapi resikonya juga tinggi.

  • Unit Link Campuran

Produk asuransi yang menempatkan dana investasi pada berbagai instrumen saham, pasar uang, dan obligasi. Produk asuransi satu ini cocok untuk yang ingin memperoleh pendapatan yang stabil dengan mengharapkan hasil investasi jangka panjang.

  • Unit Link Saham

Produk asuransi yang menempatkan 80 persen dana investasi ke instrumen saham. Unit link saham biasanya menawarkan hasil yang besar tapi dengan risiko yang besar pula. Peminat asuransi ini umumnya yang berani mengambil risiko investasi tinggi.

Demikian pembahasan singkat mengenai asuransi jiwa unit link. Jika Anda sekarang sedang mencari perusahaan asuransi yang bagus dan terpercaya, FWD Insurance bisa menjadi pilihan terbaik. FWD Insurance merupakan perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon