Apa Itu Bandwidth dan Mengapa Itu Penting untuk Bisnis?

apa itu bandwidth

Dewasa ini, masalah bandwidth dan konektivitas internet tidak bisa Anda sepelekan, karena dapat merugikan bisnis Anda. Maka dari itu, Anda memerlukan internet dedicated murah untuk memperoleh koneksi bandwidth yang cukup untuk kebutuhan bisnis yang serba cepat. Tapi, sebenarnya apa itu bandwidth?

Apa Itu Bandwidth?

Seringkali, bandwidth disalahartikan sebagai kecepatan internet. Padahal, bandwidth sebenarnya adalah kapasitas informasi yang dapat dikirim dari satu koneksi ke koneksi lain dalam jumlah waktu tertentu dalam Mbps (Megabyte per second).

Contoh Bandwidth

Kapasitas informasi merupakan faktor penting dalam menentukan kualitas dan kecepatan suatu jaringan atau koneksi internet. Intinya, semakin tinggi kapasitas informasi, semakin cepat dan efisien internet Anda. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis online, maka koneksi internet merupakan salah satu kunci sukses kemajuan bisnis Anda.

Sebagai contoh, Anda memiliki kapasitas informasi 100Mbps, artinya Anda dapat mentransfer data dua kali lebih banyak dalam jumlah waktu yang sama dengan kecepatan 50Mbps.

Kapasitas informasi yang Anda butuhkan tergantung pada jumlah data, aktivitas internet dalam bisnis Anda, dan jumlah staf yang Anda miliki untuk menjalankan internet.

Mengapa Bandwidth Penting untuk Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu bandwidth, Anda pasti menyadari bahwa hal ini sangat penting untuk bisnis Anda, terutama bisnis online. Berikut ini beberapa alasan mengapa bandwidth sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda:

Membuat Koneksi Internet Lebih Cepat

Kapasitas informasi penting untuk menentukan kecepatan koneksi internet Anda. Biasanya, situs web yang memuat gambar berat dan video panjang akan membutuhkan kapasitas lebih tinggi dari 25 Mbps atau lebih. Sebaliknya, situs web yang terdiri dari badan teks, relatif membutuhkan lebih sedikit.

Jika koneksi internet lebih cepat, maka Anda pun bisa mengunggah atau mengunduh data lebih cepat. Maka dari itu, Anda perlu kapasitas informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda agar dapat meningkatkan produktivitas bisnis secara efektif.

Mengurangi Tingkat Stres

Bekerja dengan kecepatan internet rendah tentu akan membuat Anda jadi frustasi. Jadi, jelas karyawan Anda akan merasa stres duduk di depan komputer selama berjam-jam tanpa produktif sebagaimana mestinya.

Meningkatkan Kolaborasi

Kapasitas bandwidth yang tidak memadai dapat menghambat karyawan Anda untuk terhubung, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan tim lain atau klien. Tentu hal ini juga dapat mempengaruhi proyek bisnis Anda yang sedang berjalan.

Meningkatkan Keamanan Data Bisnis

Keamanan data online harus menjadi prioritas bagi bisnis Anda. Nah, untuk meningkatkan keamanannya, maka Anda memerlukan sirkuit internet yang cepat. Supaya data bisnis Anda lebih aman dari risiko kejahatan dunia maya, seperti pencurian atau penyalahgunaan data.

Sudah Semakin Paham Tentang Bandwidth?

Berdasarkan uraian mengenai apa itu bandwidth, Anda bisa tahu bahwa teknologi tersebut sangat berpengaruh pada kualitas jaringan internet dan bisnis Anda. Oleh sebab itu, pemilihan layanan kapasitas informasi berkualitas bagus juga harus Anda prioritaskan.


EmoticonEmoticon