Daftar Penyakit Kritis yang Dapat Membahayakan Hidup Manusia


 

Tidak ada manusia yang mau jatuh sakit, apalagi sampai didiagnosis memiliki penyakit kritis. Pasalnya, mengidap salah satu penyakit tersebut bukan cuma menyakitkan, namun juga membutuhkan banyak kesiapan dan dana; terutama bila Anda belum punya perlindungan dari asuransi penyakit kritis Untuk itu, yuk cari tahu apa saja daftar penyakit kritis agar Anda bisa lebih bijak menjalani hidup ini berdasarkan situs Halodoc, situs Alodokter, situs Moca, dan situs Doc Doc.


5 Daftar Penyakit Kritis 


1. Kanker


Kanker merupakan satu dari daftar penyakit kritis yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini adalah istilah lain dari tumor yang mengganas di beberapa bagian tubuh, dapat menjangkiti semua orang, serta tak mengenal golongan ataupun umur.

Kanker memiliki penanganan atau pengobatan yang cukup mahal. Pasien pengidap kanker perlu melalui serangkaian pengobatan seperti kemoterapi, operasi, dan imunoterapi. Selain itu, pasien harus mendapat fasilitas yang mendukung seperti transfusi darah dan CT scan. 


2. Stroke

Stroke merupakan kondisi ketika suplai darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Tidak adanya suplai darah menghambat otak dalam menerima oksigen dan nutrisi yang menyebabkan beberapa sel otak mati.

Karena kondisi tersebut, bagian tubuh tertentu yang dikendalikan oleh area cedera otak tidak berfungsi dengan baik. Penyakit ini memiliki dua penyebab. Penyebab pertama adalah stroke iskemik yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah lalu menyebabkan pendarahan.

Penyebab kedua, stroke hemoragik, terjadi ketika pembuluh darah arteri yang bertugas membawa darah dan oksigen ke otak mengalami penyempitan. Akibatnya, hal tersebut menyebabkan aliran darah ke otak berkurang sangat banyak. 


3. Diabetes

Daftar penyakit kritis lainnya adalah diabetes. Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) yang tinggi. Glukosa merupakan sumber kekuatan untuk sel-sel tubuh manusia. Namun, pada penderita penyakit ini, tubuhnya sudah tidak dapat menggunakan glukosa tersebut.

Penyebab diabetes sendiri terbagi menjadi dua berdasarkan tipenya. Diabetes tipe 1 terjadi saat sistem imun keliru menyerang dan melumatkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Tipe selanjutnya adalah diabetes tipe 2 yang terjadi ketika sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin berkurang. Akibatnya, insulin yang dihasilkan tidak dapat tubuh gunakan dengan baik. 


4. Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan kondisi ketika organ jantung manusia terganggu. Gangguan tersebut dapat bermacam-macam bentuknya, mulai dari masalah pada pembuluh darah jantung, katup jantung, atau otot jantung. Infeksi atau cacat lahir juga bisa menjadi penyebab penyakit jantung.


5. Gagal Ginjal

Daftar penyakit kritis berikutnya adalah gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan kondisi ketika ginjal kehilangan fungsinya, yakni untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Ketika kondisi tersebut terjadi, cairan berbahaya dan kadar racun akan terkumpul dalam tubuh. Kemudian, hal ini dapat berakibat fatal jika tidak Anda obati. 

 

Sudah Tahu Apa Saja Daftar Penyakit Kritis?

Demikianlah informasi seputar daftar penyakit kritis. Berbagai penyakit kritis di atas tentu bisa datang kapan saja tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, lengkapi jugalah diri Anda dengan perlindungan kesehatan penyakit kritis seperti FWD Critical First Protection dari FWD Insurance.

Asuransi penyakit kritis tersebut memberikan perlindungan untuk berbagai penyakit kritis, termasuk jenis-jenis penyakit kritis yang langka ataupun belum ditemukan saat ini. Dengan biaya premi yang murah, Anda dapat menerima uang pertanggungan sampai 200%.

Tertarik? Silakan kunjungi website FWD Insurance untuk dapatkan informasi lengkapnya. FWD Insurance merupakan perusahaan asuransi yang sudah berizin dan diawasi oleh OJK.


EmoticonEmoticon